TIPS SUKSES MENDAPATKAN BEASISWA JASSO UNTUK KULIAH DI JEPANG

Kesempatan meraih beasiswa, apalagi beasiswa untuk sekolah ke luar negeri, dapat diraih dengan kerja keras serta persiapan yang matang. Perlu diketahui, Japan Student Services Organization (JASSO) ialah Institusi Independent Administrative yang menyediakan layanan untuk para mahasiswa Jepang ataupun internasional. Misi dari JASSO sendiri ialah menjadi sumber pemberi berita ke Jepang bagi mahasiswa internasional dan berita Beasiswa universitas luar negeri bagi mahasiswa Jepang. Nah, berikut ini akan kami beri beberapa kiat berkhasiat supaya kamu dapat mendapatkannya.

  1. Pastikan bahasa yang diterapkan

Kau wajib pastikan bahwa Bahasa yang diterapkan selama kesibukan disana ialah Bahasa yang kamu kuasai. Namun umumnya ada himbauan juga dari universitas tujuan untuk belajar sesi Bahasa Jepang disana.

  1. Pastikan nilai dapat ditransfer

Pertimbangkan nilai kuliah dapat ditransfer atau tak untuk mata kuliah yang diikuti selama disana, terutamanya sekiranya kamu ingin lulus tepat waktu. Amat disarankan bagi kamu untuk berbincang-bincang mengenai hal ini dengan orang tua dan dosen di universitas asal.

  1. Cek prasyarat beasiswa

Syarat paling mendasar dalam mencontoh kesibukan internasional ialah nilai TOEFL. Karena itu, persiapkan dirimu secepatnya untuk mendaftar tes TOEFL.

  1. Cari tahu beasiswa yang dikasih

Beasiswa dari JASSO berlangsung selama 11 bulan. Beasiswa itu dikasih pada bulan kedua dan berikutnya. Namun perlu diingat beasiswa JASSO tak menanggung karcis pesawat dan biaya hidup di bulan pertama di Jepang. Maka itu, persiapkan dana lain untuk karcis pesawat dan biaya hidup bulan pertama di Jepang.

  1. Cek biaya hidup selama disana

Dari beasiswa JASSO kamu akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar 80.000 yen. Untuk kehidupan normal memang cukup, tapi sekiranya kamu suka makan di luar maka biaya itu tak akan cukup. Perlu kamu tahu juga bahwa biaya di Jepang tergantung dari pemakaian gas, air, dan listrik sebab umumnya itu semuanya terpisah dari biaya ruangan.

  1. Persiapkan mental dirimu

Mental itu juga sungguh-sungguh penting untuk kamu persiapkan, sebab disana kamu akan berkompetisi dengan segala pelajar internasional dari beragam-tipe negara. Kau sudah sepantasnya punya tradisi membaca dan berbincang-bincang.

Demikian kiat-kiat yang dapat kami berikan. Semoga menolong dan berkhasiat bagi kalian. Salam sukses!

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati