Tips Mudah Membuat Tagihan Bulanan yang Anti Repot

Membayar tagihan bulanan merupakan hal yang sudah sering dilakukan oleh sebagian masyarakat berumur dewasa. Tagihan-tagihan bulanan tersebut diantaranya yaitu tagihan asuransi, listrik,  BPJS, PAM, tv kabel,  kartu kredit maupun hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari.

Beberapa orang ada yang masih merasa kerepotan ketika hendak bayar tagihan bulanan. Padahal nyatanya ada sebagian hal kecil yang bisa menguntungkan namun sering kita lewatkan ketika membayar tagihan tersebut.

Tips Mudah Membuat Tagihan Bulanan yang Anti Repot

Tips Mudah Membuat Tagihan Bulanan yang Anti Repot

Tips Membuat Tagihan Bulanan yang Mudah

Berikut ini merupakan beberapa tips membuat tagihan bulanan mudah yang dapat kamu lakukan pada saat hendak membayarkannya, diantaranya:

  • Membayar Sebelum Jatuh Tempo

Untuk Anda yang tidak menggunakan fasilitas autodebet, maka Anda harus membayar tagihan secara manual menggunakan mobile banking atau pergi langsung ke ATM. Sebaiknya, biasakan untuk membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo, bukan pada saat tanggal jatuh tempo.

Membayarnya pada saat-saat terakhir akan sangat berisiko, terutama jika Anda memiliki sejumlah kesibukan lain sepanjang hari. Selain kemungkinan tersebut, kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi di kemudian hari. Jika tagihan Anda bayarkan bulan depan, bisa dipastikan akan ada sejumlah bunga dan juga denda keterlambatan.

  • Pertimbangkan Komponen Biaya

Ketika membayar tagihan, Anda harus mempertimbangkan komponen biaya yaitu seperti biaya layanan, biaya administrasi, denda keterlambatan dan biaya bunga. Biaya-biaya tersebut berjumlah kecil, namun jika dihitung ternyata memiliki total jumlah yang besar.

  • Manfaatkan Transfer Balance

Transfer balance merupakan fasilitas yang diberikan oleh bank pembuat kartu kredit sehingga memicu terjadinya tagihan baru dari satu rekening ke rekening lainnya. Dengan fasilitas ini, Anda bisa memindahkan tagihan kartu kredit ke bank lain yang menawarkan bunga lebih kecil.

  • Membuat Jadwal Pembayaran Tetap

Dalam membayarkan tagihan, sebaiknya Anda melakukan pembayaran secara terjadwal. Tentukan tanggal yang tepat dimana pada tanggal tersebut Anda sudah mendapatkan surat tagihan dari semua komponen tagihan bulanan. Lakukan pembayaran secara rutin pada tanggal tersebut di setiap bulannya.

  • Terima Tagihan Lewat Email

Lakukan pendaftaran alamat email Anda agar bisa menerima tagihan yang dikirimkan pada email Anda di setiap bulannya. Anda bisa membuat folder khusus di email untuk semua tagihan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Memanfaatkan aplikasi online atau google calendar bisa untuk mengingatkan Anda supaya membayar tagihan secara online.

  • Membayar dengan Autodebet

Autodebet merupakan fasilitas yang  sebagai sarana pembayaran automatis dan dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pengontrolan tagihan. Adanya fasilitas ini, tagihan Anda bisa langsung dipotong melalui tabungan, jadi Anda tidak akan lupa membayarkan tagihan pada setiap bulannya.

Namun, autodebet ini juga ada kelemahannya yakni pengontrolan yang agak sedikit sulit karena bersifat otomatis dan uang di tabungan Anda bisa saja terpotong secara tiba-tiba. Cara untuk memberhentikan tagihan yang bersifat autodebet juga bisa dibilang susah. Anda harus menelepon penagih dan melakukan argumentasi dengan staff bank.

Untuk membuat tagihan bulanan Anda lebih mudah, Anda bisa menggunakan paper yang bisa merekap semua transaksi yang Anda lakukan. Sehingga, Anda tidak akan repot-repot lagi ketika membuat tagihan bulanan.