Tips Merawat Genset Agar Awet

Tips Merawat Genset Agar Awet

Tips Merawat Genset Agar Awet – Generator Set (genset) merupakan alat yang sangat penting, sebab terkadang terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan lebih dulu. Genset hadir memberi solusi, yaitu sebagai cadangan listrik yang dapat diguanakan untuk memperlancar aktivitas Anda. Terlebih  yang jual genset Manado dengan segala merk dan berkualitas baik.

Namun terkadang genset yang digunakan cepat rusak. Ada banyak faktor yang nembuat genset jadi cepat rusak. Seperti kualitas produk, cara penyimpanan dan pemakaiannya. Sebagai upaya perawatan mesin genset, Anda perlu mengetahui tips-tips dalam menggunakan genset dengan benar agar tidak cepat rusak.

Tempat penyimpanan genset

Simpan genset ditempat yang pencahayaan yang baik. Artinya, simpan genset di tempat yang kering. Jangan mempatkan genset di tempat yang lembab atau bahkan tergenang air. Tidak disarankan pula terkena sinar matahari langsung, sebab paparan sinar matahari langsung akan membuat genset cepat panas.

Kebersihan genset

Lakukan pembersihan genset secara berkala. Pastikan genset bebas dari debu, kotor atau oli. Hal ini dimaksudkan agar genset terlihat bersih dan indah. Selain itu juga agar menjaga mesin bekerja secara optimal.

Pengoperasian Mesin dengan Tepat

Anda perlu memahami cara pengoperasian genset terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda dapat mebgoptimalkan fungsi genset yang Anda milik dan dapat mengambil langkah lanjutan ketika genset mengalami malfungsi.

Pengecekan mesin berkala

Lakukan pengecekan mesin secara berkala. Mulai dari bahan bakarnya, oli hingga sistem kelistrikan. Jangan sampai genset Anda kehabisan bahan bakar karena tangki akan kekeringan nantinya. Periksalah  oli-nya, apabila telah menghitam atau keruh maka oli wajib untuk diganti.

Perhatikan juga kabel-kabel penghubung pada genset. Bila terdapat kabel yang mengelupas atau tidak terpasang sempurna, maka segera tangani agar tak terjadi konsleting listrik. Pengecekan ini berguna untuk menjaga genset agar selalu optimal.

Di dalam genset terdapat komponen seperti mesin dan perangkat elektronik lainya, maka dari itu ketika mesin tidak digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya rutin dipanaskan sekitar 3-5 menit agar mesin tetap terolesi oli.

Tips-tips di atas dapat Anda praktekkan sendiri sebagai upaya untuk merawat mesin genset agar lebih awet dan berfungsi secara optimal. Semahal apapun harga mesin genset juia tak dirawat dengan benar, bukan tidak mungkin akan mengalami kerusakan. Jadi mulailah merawat mesin genset Anda dengan tepat ya!

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati