Tips Untuk Pengguna Printer Agar Awet Dan Tahan Lama

Printer merupakan output device komputer yang cukup penting. Fungsi printer yaitu sebagai mesin pencetak. Merubah dokumen digital menjadi dokumen fisik. Terdapat berbagai macam jenis printer yang ada di pasaran. Fungsinya sama, namun prinsip kerjanya berbeda. Ada juga printer yang memiliki desain dan fungsi khusus, tidak dapat digunakan untuk mencetak segala jenis dokumen.

cara menggunakan printer

Menggunakan printer dengan cara yang benar, dapat membuat printer menjadi tahan lama dan tidak cepat rusak. Sebagian orang menggunakan printer sesukanya tanpa memperhatikan berbagai hal yang mungkin dapat merusak printer itu sendiri. Berikut ini, beberapa tips menggunakan printer yang baik versi saya.

1. Install Printer Dengan Benar

Pertama ketika menggunakan printer, pastinya anda harus menginstall printer ke komputer. Install printer pada dasarnya mudah, namun jika anda tidak bisa maka bisa jadi hasilnya eror. Maka usahakan anda tahu bagaimana cara menginstall printer ke komputer.

2. Menggunakan Printer Sesuai Spesifikasi

Jika printer anda bukan printer tipe laser, maka jangan paksakan printer anda bekerja seperti printer laser. Memaksakan printer bekerja diluar kemampuannya, akan membuat printer cepat rusak. Terutama cartridge untuk printer jenis inkjet. So, pastikan anda mengetahui spesifikasi printer anda pada saat anda membelinya. Sehingga anda tidak menggunakannya semaunya.

3. Rawatlah Pritner

Ada banyak cara merawat printer agar bisa awet dan tahan lama diantaranya yaitu dengan cleaning printer, menjaga dari debu dan kotoran yang masuk, mematikan dengan cara yang benar dan juga menggunakan printer dengan sesuai kemampuannya seperti yang sudah kita bahas tadi.

4. Setelah Menggunakan Printer

Simpanlah kembali setelah slesai menggunakan printer. Jangan biarkan cover printer terbuka, karena hal ini bisa membuat debu masuk ke dalamnya yang berakibat pada rusaknya printer. Kemudian bila anda ingin menyimpan printer dalam waktu yang lama, maka tutuplah printer dengan plastik dan masukkan kembali ke kardusnya.

Nah itulah 4 tips yang mudah – mudahan dapat berguna untuk anda pengguna printer agar printer selalu awet dan bertahan lebih lama. Sekian, semoga bermanfaat !