Rayap: Si Hewan Mungil

Rayap adalah hewan yang termasuk dalam golongan insektisida atau biasa dikenal denggan serangga yang dalam koloninya terdapat pembagian kasta. Di daerah subtropik, rayap sering disebut semut putih karena rayap memiliki morfologi yang mirip dengan semut. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak ada hubungan antara rayap dengan semut. Pembagian kasta pada koloni rayap terdiri atas tiga kasta utama, yaitu kasta reproduktif, kasta prajurit, dan kasta pekerja. Tiap-tiap kasta memiliki tugas yang berbeda dan tidak sama. Bagaimana penjelasan mengenai kasta-kasta koloni rayap? Mari kita ulas. Kasta pertama yaitu kasta reproduktif. Kasta ini memiliki tugas untuk melakukan reproduksi, menemukan tempat baru untuk koloni, dan menjaga serta memberi makanan pada spesies yang baru lahir didalam koloni. Ada pun layanan jasa anti rayap yang selalu dapat memberikan kepuasan bagi anda semua yang membutuhkan.

Kasta reproduktif sendiri terdiri atas ratu, yaitu rayap yang memiliki abdomen/perut dimana ukurannya lebih besar dibandingkan dengan raja. Adapun tugas raja dengan ratu berbeda, dimana raja bertugas untuk membuahi betina sedangkan ratu bertugas untuk berkembangbiak atau bertelur. Kasta reproduktif ini terdiri atas dua macam, yaitu kasta reproduktif primer dan kasta reproduktif suplementer. Kasta kedua adalah kasta prajurit. Tugas dari kasta prajurit adalah melindungi koloni terhadap gangguan dari luar. Karena bertugas untuk melindungi, rayap yang termasuk dalam kasta prajurit memiliki ukuran kepala yang besar dan tubuh yang kekar. Dalam menyerang musuh, kasta prajurit menggunakan mandibel/capit yang dapat menusuk, mengikis, dan menjepit musuh. Kasta ketiga yaitu kasta pekerja.

Kasta pekerja merupakan kasta yang memiliki jumlah banyak dalam satu koloni. Kasta pekerja memiliki tugas untuk mencari makan, memberi makanan kasta lain, merawat telur, membersihkan telur, membersihkan tubuh kasta prajurit dan reproduktig, serta membuat dan merawat sarang. Selain itu, tugas dari kasta pekerja adalah memakan rayap yang sudah tidak produktif lagi, baik dari kasta reproduktif, kasta prajurit, maupun kasta pekerja. Kemudian, kerusakan yang timbul pada perkakas kayu biasanya ditimbulkan oleh kasta pekerja ini. Demikian artikel mengenai rayap, semoga bermanfaat.