Perawatan Burung Kacer Yang Ngedrop Mentalnya

Perawatan burung kacer yang ngedrop mentalnya – Burung kacer termasuk salah satu burung kicau tipe petarung yang cukup banyak penggemarnya. Memiliki suara yang nyaring dengan gaya kicau yang unik, membuat kacer selalu menjadi primadona dalam berbagai lomba kicau di daerah maupun nasional. Namun, tidak selamanya burung kacer lomba berada dalam performa terbaiknya. Ada kalanya burung ini ngedrop mentalnya saat berlomba atau ngedrop karena hal lainnya. Alhasil, suara burung kacer pun tidak lagi mengalun indah.

Burung Kacer

Nah, jika burung kacer kesayangan Anda mengalami drop mentalnya, tidak perlu risau. Ini sedikit tips perawatan burung kacer yang ngedrop mentalnya.

Tips Perawatan Burung Kacer Yang Ngedrop Mentalnya

  • Tempatkan burung di tempat tersendiri.

Seperti yang diulas diatas, burung kacel memang bersifat petarung dan berkicau ketika ada burung lain didekatnya. Nah, agar burung yang mentalnya drop cepat pulih, ada baiknya burung digantang di tempat yang sepi jauh dari burung kicau lainnya.

Agar perawatan ini maksimal, Anda bisa menempatkan sangkar di area yang basah atau lembab. Misal di dekat pancuran air atau kamar mandi.

  • Beri pakan berkualitas

Untuk membuat mental dan suara burung kacer kembali ngeplong, Anda harus rajin memberikan pakan tambahan seperti jangkrik dan kroto dalam porsi lebih banyak. Hal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh kacer yang stress sehingga cepat kembali normal. Berikan pula voer yang mengandung nutrisi lengkap. Anda juga bisa memberikan sedikit garam dapur pada air minum kacer. Ini berfungsi untuk membantu proses pemulihan mental.

  • Latihan mental

Untuk tahap selanjutnya ialah melatih mental burung kacer dengan cara menggantung bersama burung kicau lain. Anda bisa menggantung kacer bersama dengan kenari, ciblek dan lovebird untuk memancing kacer kembali bunyi. Usahakan menempatkan burung tidak terlalu jauh agar kicau dan pergerakan burung lain dapat terpantau oleh kacer. Dengan demikian kacer akan meladeni kicauan burung masteran yang ada. Latihan ini sangat cocok untuk melatih mental kacer.

Untuk membantu meningkatkan suara burung kacer dan staminanya, burung bisa dilatih dalam kandang umbaran.