Panel Listrik dan Pentingnya Mengetahui Komponennya

Panel Listrik dan Pentingnya Mengetahui Komponen Didalamnya

Apa itu panel listrik?
Panel listrik merupakan alat yang terbentuk berdasarkan susunan komponen listrik yang disusun secara sengaja sebagai media kontrol untuk mempermudah penggunaan pengendalian listrik. Panel Listrik saat ini telah menjadi hal yang mutlak diperhatikan oleh setiap pemilik gedung maupun pabrik. Dengan panel listrik yang baik peristiwa yang tidak dikehendaki dapat dihindari. Sebuah panel listrik tidak bisa sembarangan dirangkai, anda tentunya membutuhkan profesional yang memang ahli di bidang panel listrik agar menghindari resiko yang mungkin dapat diakibatkan dari tidak rapinya panel listrik yang kita gunakan.

Untuk memahami fungsi dari panel listrik, berikut yang harus kita ketahui tentang beberapa komponen yang ada pada panel:

MBC merupakan singkatan dari Miniature Circuit Board yang merupakan salah satu dari komponen panel listrik yang memiliki fungsi sebagai pembatas arus akibat dari kenaikan daya yang melebihi batas.

MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker yang juga salah satu dari komponen listrik yang berfungsi sebagai pembatas arus apabila terdapat beban yang melebihi batas.

GFCI merupakan singkatan dari Ground Foult Circuit Interruption yang mana semacam circuit breaker yang dapat bekerja lebih cepat dibandingkan MCB.

Grounding juga merupakan salah satu komponen panel listrik yang berfungsi sebagai pengaman listrik. Jika ada kabel yang terkelupas dan mengenai body alat elektronik pastinya akan tersengat jika tubuh manusia mengenainya.

CT (Current transformer atau current transducer) merupakan komponen  panel listrik yang terbuat dari baja dalam bentuk lingkaran yang tengahnya memiliki lubang. Alat ini berfungsi sebagai penurun arus atau tegangan pada boks panel.
Untuk keperluan layanan professional, dapat menghubungi agen jual panel listrik di daerah masing masing. Tetapi diharapkan mencari yang benar benar berpengalaman untuk menghindari hal hal yang tidak berpengalaman.