Nama Pakaian Adat Bali Yang Kekinian

Pakaian Adat Bali – Bali begitu diketahui dengan panggilan pulau dewata, Bali mempunyai pemandangan yang indah seperti surga hingga banyak mengundang perhatian wisatawan luar untuk bertandang ke Bali. Bali memang populer di mancanegara menjadi obyek wisata yang indah akan tetapi dari banyaknya wisatawan asing yang hadir tiap-tiap tahunnya tidak membuat Bali lupa dengan budaya serta kebiasaan mereka.

Orang Bali ikut masih tetap begitu lekat dengan budaya Bali termasuk juga baju pakaian Bali tradisionil yang masih tetap mereka pakai keseharian dan dalam upacara peribadatan. Nah, berikut 5 tradisionil pakaian Bali serta kebaya Bali moderen:

Nama Pakaian Adat Bali Yang Kekinian

Pakaian Adat Bali

Pakaian Adat Bali

1. Udeng

Ikat kepala yang seringkali dimaksud udeng oleh penduduk Bali ini jadi keunikan dari baju tradisionil pakaian Bali. Tidak hanya pakaian Bali sebagai kebiasaan dari sana udeng ikut lengkapi tampilan keseharinnya. Udeng mempunyai 2 type, ada udeng putih untuk digunakan waktu lakukan beribadah atau acara keagamaan yang lain, ada pula udeng dengan motif batik yang dapat di pakai untuk kesehariannya.

Udeng Bali ini pula mempunyai simpul dibagian tengah yang ada di muka. Simpul itu melambangkan bila pamakainya mesti dapat berfikir jernih dan untuk memusatkan diri untuk konsentrasi saat melaksanakan ibadah.

2. Kamen

Kamen ini lengkapi pakaian Bali tradisionil yang begitu pekat dengan beberapa ketentuan serta tiap-tiap langkah memakainnya ikut mempunyai makna sendiri. Kamen ini mempunyai panjang 2 mtr. serta lebar 1 mtr., langkah menggunakan kamen ini dengan diikat dipinggang melingkar dari kiri ke kanan.

Nah, ikatan itu melambangkan darma. Lantas penggunaan pinggir bawahnya harus juga pas 1 jengkal dari telapak kaki dan ujung lancip yang menghadap ke bawah sampai menyentuh tanah, itu ialah menjadi penghormatan pada ibu pertiwi. Pakaian Adat Bali ini saat ini banyak disukai orang banyak.

3. Saput

Sesudah dipakaikan kamen pada pria , dipakaikan ikut saput di bagian bawah yang harus dipakai untuk lengkapi pakaian Bali tradisionil. Saput ini dilingkari di pinggang dengan membuat lingkaran yang bersimpangan dengan arah jarum jam. Saput ini ialah bahan dengan design classic yang digunakan waktu akan melaksanakan ibadah atau acara keagamaan yang lain fungsinya ialah untuk menutupi lekuk badan serta aurat supaya berbentuk sopan waktu akan melaksanakan ibadah.

4. Kebaya

Kebaya ini dipakai untuk atasan pakaian Bali pada wanita, kebaya dipandang menjadi baju yang dapat membawa aura kecantikan pada wanita yang menggunakannya. Kebaya dengan motif yang simpel yang umumnya digunakan beberapa wanita Bali ini, dipakai supaya bisa menunjukkan kecantikan dalam dianya. Kebaya yang akan dipakai untuk beribadah atau acara keagamaan yang lain, mesti sopan, bersih serta rapi tetapi masih dapat membuat wanita tampak menarik.

5. Kamen Wanita

Bawahan yang digunakan wanita untuk lengkapi pakaian Bali tradisionalnya ikut memakai kamen. Kamen ini yang dipakai oleh wanita didesain atau ditata waktu menggunakannya agar memudahkan waktu wanita berjalan serta lakukan kegiatan yang lain. menggunakan baju Bali tradisionil untuk beribadah atau acara keagamaan mesti tampak sopan, dank amen yang dipakai ini harus juga tampak sopan waktu dipakai tidak bisa kurang dari batasan yang diputuskan.

Itulah ke 5 daftar nama pakaian adat bali yang saat ini sedang populer dan digemari masyarakat Indonesia ataupun Turis. Sekian semoga bermanfaat ­čÖé