Manfaat Melakukan Spooring dan Balancing Pada Mobil Anda

Bagi para pemilik kendaraan roda empat atau mobil, tindakan perawatan (monitoring) menjadi hal yang wajib dilakukan agar performa dari mobil tetap terjaga. Bukan hanya bagian mesin utama dan bodi mobil yang harus dirawat dengan berjangka/berkala. salah satu bagian mobil yang wajib untuk dijaga performanya adalah ban mobil. Bagian ini juga merupakan elemen terpenting dalam menjaga kendaraan roda empat berjalan dengan baik dan tanpa gangguan. Threadmemt yang dilakukan meliputi spooring mobil dan balancing pada velg.

Spooring mobil sendiri merupakan salah satu threatment dalam bagian ban mobil dengan fungsi menyeleraskan kedudukan keempat roda dengan proses meluruskan menggunakan ban depan sebagai penggerak utama. Sedangkan balancing yakni proses untuk menyeimbangkan kembali kondisi ban setelah lama digunakan ketika ban sudah mulai tidak seimbang dalam penggunaannya.

Salah satu permasalahan yang biasanya dilakukan perawatan pada bagian ban yakni ketika setir atau kemudi mulai bergetar saat mobil digunakan. Hal ini  dikarenakan terjadi keausan kedua roda depan mengalami permasalahan dibandingkan roda belakang dalam mekanisme kemudi. Selain adanya getaran pada kemudi, salah satu tanda mobil anda harus melakukan spooring dan balancing ban yakni kemudi terasa berat ketika digunakan. Hal tersebut berdampak pada kenyamanan Anda saat berkendara.

Untuk itu kami berikan beberapa manfaat dari hal yang dapat Anda lakukan ketika melakukan Spooring dan Balancing ban mobil.

  1. Kendali Kemudi/Setir Menjadi Stabil

Permaslaahan kemudi yang tidak stabil diakibatkan oleh sudut-sudut roda yang terdiri dari sudut camber, sudut tpe, dan sudut caster mengalami gangguan karena banyak mengalami guncangan. Untuk itu, dengan melakukan spooring dan balancing mobil secara berkala dengan mengganti ketiga sudut roda tersebut akan membuat kendali kemu atau etir menjadi lebih stabil. Hal ini akan berdampak kenyamanan berkendara bagi penggunanya. manfaat lainnya yakni kemudi diantara empat roda mobil terasa searah atau memiliki keselarasan yang tinggi.

  1. Putaran Roda Menjadi Stabil

Jika Anda telah melakukan threatment spooring dan balancing ban pada mobil, salah satu manfaat selanjutnya yakni putaran dari ke empat roda dalam sistem kendali menjadi sangat stabil. Ini didasarkan pada fungsi spooring yang menyeleraskan kondisi keempat ban yang bekerja, serta fungsi balancing untuk menyeimbangkan gerakan putaran kemudi yang menggerakkan arah roda. Sehingga putaran ban akan lebih terarah dan selaras satu sama lain. Jadi, keluhan-keluhan yang muncul seperti saat setir diputar, kemudi keempat ban tidak mengontrolnya dengan baik akan segera diminimalisir. Tidak ada lagi pula keluhan arah putaran sudut-sudut roda berlawanan dengan arah kemudi atau setir.

  1. Aus Pada Ban Mobil Dapat Dikurangi

Aus pada ban biasanya terjadi akibat kerja ban mobil tidak maskimal terhadap bagian kemudi sebagai penggerak arahnya. Jika terus menerus dibiarkan, maka kendala keausan pada bagian ban mobil tak akan dapat dihindari lagi. Dengan melakukan perawatan threatment spooring dan balancing pada ban mobil, akan semakin menyeleraskan dan menyeimbangkan performa ban terhadap kemudi. Selain itu, umur pakai ban akan menjadi lebih lama dan awet. Hal ini disebabkan kerja ban saat digunakan bekerja dengan stabil tanpa ada beban lebih yang membuatnya bekerja dengan ekstra.

  1. Keamanan Terjamin

Nah ini dia manfaat terpenting dari perawatan spooring mobil dan balancing. Jika performa ban serta sistem kemudi berjalan dengan baik, akan sangat menjamin keamanan berkendara Anda. Sehingga membuat resiko kecelakaan menjadi sangat kecil.