Macam-macam Sistem Operasi HP Yang Perlu Kamu Ketahui

Tentu anda sudah sering mendengar kata OS yang sering kita jumpai saat melihat spesifikasi dari sebuah HP smartphone. Tahukan kamu jika OS atau kata lain dari sistem operasi sangatlah penting dalam pengoperasian gadget anda. Karena sama pentingnya dengan hardware atau perangkat keras ponsel.

Sistem operasi yang bekerja membantu mengoperasikan smartphone sudah lama dikenal sejak munculnya OS windows yang ada di Komputer. Sama halnya untuk handphone juga memerlukan OS yang membantu dalam kinerja ponsel tersebut. Karena tanpa Sistem Operasi tentunya HP yang kamu miliki tidak bisa dijalankan. Mengapa bisa demikian? Tentu bisa, karena fungsi utama dari Operating System ialah bekerja menjadi penghubung antara perangkat lunak dengan perangkat keras atau hardware.

Pada zaman dahulu, sistem operasi dikuasai oleh Windows yang terkenal memiliki kelebihan pada penggunaan perangkat komputer. Namun fakta saat ini untuk OS mobile dikuasai oleh Android. Hampir setiap gadget keluaran terbaru saat ini menggunakan Android. Entah itu smartphone merek Samsung, Oppo, Lenovo, vivo atau merek kenamaan lainnya.

Namun selain penggunaan OS Android, masih banyak Sistem operasi yang dipakai oleh pengguna smartphone walaupun jumlahnya tak sebanyak sistem operasi android. Berikut kumpulan berbagai macam sistem operasi pada handphone yang perlu kamu ketahui.

  1. Android OS

Sekitar tahun 2003 merupakan tahun dimana di dirikannya perusahaan kenamaan yaitu Android Inc.. Sebelum terkenal saat ini, perusahaan tersebut sembat naik turun hingga pada tahun 2005 Google mengakuisisi perusahaan tersebut sehingga berkembang sampai saat ini. Sistem Operasi ini memang lebih populer karena banyak fitur aplikasi android dengan berbagai jenis kebutuhan yang tersedia.

  1. iOS

Sistem operasi yang dikhususkan untuk iPhone dan juga untuk dipakai khusus untuk produk keluaran Apple Inc. iPhone, iPad, iPod, Apple TV merupakan jenis perangkat yang menggunakan OS iDevice. Jika di android ada fasilitas Google Play Store, maka di iOS juga terdapat fitur iPhone App Store yang memudahkan kamu memilih fitur aplikasi yang kamu butuhkan.

  1. Windows Phone OS

Windows Phone merupakan sistem operasi hp yang dimiliki perusahaan kenamaan Microsoft. OS windows mobile memang tidak terlalu popular di Indonesia seperti halnya OS Android.

  1. BlackBerry OS

Pertama kali di luncurkan pada tahun 1999 Sistem operasi ini berhasil memikat pangsa pasar Indonesia yang didirkan perusahaan Research In Motion Limited.

  1. Symbian OS

Sistem Operasi ini adalah salah satu yang tercanggih pada zamannya. Karena hampir semua merek Hp terkemuka memakai OS tersebut. Salah satunya seperti nokia, samsung, motorola maupun sony ericsson.

  1. Sistem Operasi Java

Sistem Operasi Java ini adalah generasi dahulu yang banyak menjadi referensi hp kenamaan sekelas samsung, nokia, sony ataupun motorola. Dan memang java sudah jarang ditemukan di smartphone saat ini. Bahkan dunia teknologi sudah dikuasi oleh HP Android karen amemiliki banyak kelebihan.