Mengenal Kontruksi Rumah Adat Klasik Kalimantan Timur

Mengenal Kontruksi Rumah Adat Klasik Kalimantan Timur

kontraktor rumah klasik

Rumah klasik adat Kalimantan Timur adalah rumah lamin. Rumah ini yang sebenarnya ialah rumah jati diri suku Dayak Kenyah ini diputuskan menjadi rumah tradisional Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1967. Kekhasan yang dipunyai oleh rumah istiadat ini ada atau terdapat pada susunan dan ukuran bangunannya. Perlu didapati sebenarnya rumah Lamin dapat menyimpan minimal hingga 100 orang. Daya tampung yang sudah di katakan ditunjang dengannya ukuran rumah Lamin yng termasuk Sangat besar yaitu panjang 300 m, lebar 15 m, serta tinggi 3 m sesuai yang di ukur oleh kontraktor rumah klasik.

Tanda ciri khas rumah Lamin yng pertama adalah adanya ukiran-ukiran etnik berbentuk gambar berarti. Gambar-gambar yang sudah di sebutkan umumnya bermotif mahluk hidup seumpama wajah kita-kita, cerita perburuan, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. Ukiran-ukiran yang terdapat di kursi juga ini opini dari keyakinan, dimaksud dapat membuat perlindungan keluarga yng tinggal di dalam rumah itu dari bahaya ilmu hitam yng kapanpun dapat menyerang. Penduduk suku Dayak sendiri diketahui menjdai suku yang kuat dalam soal pengetahuan spiritualis serta kebatinan.

menurut situs kontraktor rumah klasik Rumah istiadat Kalimantan Timur ini juga mempunyai tanda ciri khas berbentuk beberapa warna kontras yang menghiasi dasar dindingnya. Warna khuning, hitam, merah, biru, serta putih adalah beberapa warna penting dalam arsitektur rumah istiadat ini. Warna merah melambangkan keberanian, kuning melambangkan kewibawaan, putih melambangkan kebersihan jiwa, serta hitam melambangkan keteduhan.

Tanda unik rumah istiadat Lamin setelah itu ada atau terdapat pada kontruksi bahan membuatnya. Rumah istiadat suku Dayak ini dibikin menggunakan kayu ulin. Kayu ulin adalah kayu terbaik yng hanya dapat didapat dari hutan Kalimantan. Kayu ini Sangat kuat serta tidak mudah melapuk. Justru misal di kenai air, kayu ulin ini malah bertambah tingkat kekerasan serta kekuatannya. Oleh karena itu, kayu yang memperoleh julukan kayu besi digunakan menjadi tiang penyangga, dinding, sekaligus bagi atau juga bisa dikatakan untuk alas rumah istiadat Kalimantan Timur ini.

Rumah Lamin dibagi jadi tiga ruang, diantaranya ruangan tamu, ruang tidur, serta dapur. Ruangan tamu adalah ruangan kosong panjang yang dipakai bagi atau juga bisa disebutkan untuk mendapat tamu atau pertemuan istiadat dan memang jarang terdapat Kursi Tamu Jati seperti rumah modern saat ini. Ruangan tidur dijauhkan dilandasi fungsinya, yaitu bagi atau juga bisa disebutkan untuk lelaki serta bagi atau juga bisa disebutkan untuk wanita. Namun, ada pula ruang tidur yang diutamakan bagi atau juga bisa disebutkan untuk pasangan yang sudah sah menikah atau anda konsultasi kepada kontraktor rumah klasik.

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati