Keterangan Surat Yasin Lengkap

Surat Yasin adalah surat yang cukup populer dikalangan umat islam tanah air, surat ini dibaca setiap malam jumat oleh jamaah yasinan. Tapi sampai saat ini masih ada berbagai pendapat yang menyalahkan dan yang meguatkan dari masing masing pihak.

Dan pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang keterangan dari surat ini agar keilmuan kita bisa bertambah lagi.

Berikut ini pembahasan tentang keterangan surat Yasin.

Keterangan Surat Yasin

Silahkan anda pelajari.

Berikut ini daftar selengkapnya :

Arti Nama Surat : Ya Sin
Nama Lain Yang Dimiliki : Man’amah, Rafi’ah Khafizah
Klasifikasi/Golongan Surat : Golongan Surat Makkiyah
Penomoran Surat : Surah Urutan ke-36
Nomor Juz : Juz yang ke-22 (pada ayat 1-21) dan Juz yang ke-23 (pada ayat 22-83)
Jumlah ruku’nya : ada 5 ruku
Jumlah ayatnya : ada 83 ayat

Adapun pokok pokok pembahasan yang di tertulis dalam bacaan surat yasin bisa kita pelajari sebagai berikut :

Dalam surat Yasin telah dijelaskan di awal ayat bahwasannya Al Quran adalah hikmah yang telah Allah Ta’ala turunkan sebagai petunjuk yang nyata serta pemberi peringatan yang didalamnya terdapat kisah kisah dari kaum kaum terdahulu yang mereka ingkar terhadap Allah Ta’ala dan mereka dengan berani menyekutukan Allah Ta’ala. Lalu dalam surat yasin juga dijelaskan tentang keadaan orang orang yang tidak beriman, kelak Allah akan memberikan siksaan yang dalam surat ini digambarkan dengan belenggu dan juga himpitan dari arah depan dan belakang sampai sampai orang orang tersebut tidak bisa untuk melihat.

Kemudian dalam surat ini dijelaskan bahwasannya kita hanya di anjurkan untuk memperingati dan menasehati orang orang tidak beriman, dan hidayah itu sungguh hanya milik Allah Ta’ala karena manusia tidak ada kuasa atas hal tersebut. Dan dalam surat ini Allah Ta’ala mengabarkan bahwasannya semua perbuatan manusia itu telah di simpan dalam kitab khusus yang kelak akan dibukakan dan diperlihatkan kepada masing masing manusia.

Dalam surat ini Allah menceritakan perumpamaan sebuah panduduk negri yang didalamnya telah diutus para nabi dan rasul untuk menasehati mereka supaya kembali kejalan yang lurus, namun penduduk negri tersebut menolaknya dengan keras sehingga kelak mereka akan mendapat balasan yang setimpal dengan apa yang telah mereka lakukan tersebut.

Kemudian dalam surat Yasin disebutkan bahwasannya kuasa Allah Ta’ala sangatlah besar, seperti contoh ketika bumi dilanda kekeringan maka Allah Ta’ala menurunkan hujan dan bumi kembali hidup. Kemudian kuasa Allah Ta’ala yang telah menumbuhkan biji bijian untuk manusia itu konsumsi, lalu dimana letak rasa syukur kita sebagai manusia akan nikmat Allah Ta’ala tersebut .

Kemudian surat ini ditutup dengan perkataan yang sangat mulia, yakni sungguh jika Allah menghendaki sesuatu sangatlah mudah baginya untuk menjadikannya dan pada akhirnya kita semua yang hidup akan mati dan berpulang kehadapannya.

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati