Tips Memilih Laptop Bekas di Toko Jual Beli Laptop

laprovinciadelsulcis.com – Perlu kalian tahu kalau dijaman yang teknologi sudah serba maju ini khususnya didunia Komputer, update komputer/laptop sangatlah cepat. saya masih ingat jaman saya masih SMA, semua teman sekelas saya tidak ada yang memiliki laptop pribadi, padahal kalau dilihat dari ekonomi, mereka juga termasuk dari Golongan menengah keatas.

Namun dimasa sekarang, bahkan anak SD – SMP saja sudah memegang gadget sendiri. kadang saya heran memang anak seumuran SMP apakah wajib memiliki laptop pribadi ??

Yah namun mau gimana lagi, karena memang hampir 80% dari anak seumurannya memang sudah memiliki laptop sendiri. dalam hal ini kita sebagai orang tua lah yang jadi tambah pusing. seperti saya saat ini bukan merupakan Keluarga yang memiliki ekonomi berlebih, tapi anak saya sudah meminta laptop sendiri padahal dia masih SMP. dengan alasan teman-temannya sudah punya laptop pribadi semua.

Maka dari itulah saya dan mungkin banyak dari anda semua sebagai orangtua memilih untuk membeli Laptop Bekas di Toko Jual Beli Laptoptapi kalau kita orang yang awam atau tidak begitu paham seluk beluk laptop / komputer bagaimana ??
Berikut saya berikan Tips Memilih Laptop Bekas di Toko Jual Beli Laptop

Jual Beli Laptop

1. Ajak Teman IT (Paham Mengenai Komputer)

Ini Optional namun sangat penting kalau anda adalah orang awam atau tidak paham mengenai seluk beluk Laptop, apalagi dalam hal ini kita akan membeli laptop bekas. Pastinya laptop tersebut ada sedikit bekas pakai. Kalau bekas pakai berupa Fisik sih kita masih bisa mentolelir, Namun kalau Bekas Pakai laptop tersebut sampai kebagian dalam / mesin dari laptop tersebut kan kita tidak tahu. Maka dari itu Mengajak Teman IT atau Teman yang Paham Mengenai Komputer adalah sangat penting jika anda tidak paham mengenai seluk beluk komputer.

Tapi jangan lupa, kalau anda puas dengan laptop yang dibeli, kasih dah tuh teman yang anda ajak untuk memilih laptop karena dialah yang merekomendasikan Laptop tersebut. Hehehehe

2. Cek Detail Fisik Laptop

Jangan lupa untuk melihat secara detail kondisi fisik laptop bekas yang akan anda beli. lihatlah bagian bawah (baut) apakah masih segel? jika sudah tidak ada segelnya, atau ada baut yang aus ada baiknya anda menanyakannya kepada Toko Jual Beli Laptop yang anda kunjungi. bisa saja laptop bekas tersebut pernah diservice sebelumnya. Karena berdasarkan pengalaman saya, Laptop yang pernah diservice apalagi oleh pihak ketiga sudah tidak saya rekomendasikan lagi untuk dipakai sehari-hari.

Lihatlah dibagian ujung-ujung laptop tersebut. apakah terdapat gompalan atau ada bagian yang patah atau retak. Hal ini sangat penting menurut saya, karena kalau ada bekas gompel atau retak itu berarti laptop bekas tersebut sebelumnya kemungkinan pernah jatuh. Tau sendiri kan kalau barang elektronik itu jatuh, biarpun waktu jatuh tidak terjadi apa-apa dengan Laptop tersebut. tapi kita tidak tau apa yang terjadi terhadap daleman mesin laptop tersebut.

Jadi jika anda menemui laptop bekas yang terdapat gompel atau retak, saya sarankan untuk SKIP dan memilih laptop yang lain saja.

3. Periksa Layar LED

Berikutnya silahkan lihat secara detail Layar LED laptop bekas yang anda ingin beli, Cek saat kondisi laptop mati dan juga cek saat kondisi laptop menyala. Perhatikan secara detail apakah terdapat DOT Pixel, garis, jamur atau semacamnya. Berdasarkan pengalaman saya laptop yang LED nya terkena dotpixel biasanya akan bertambah seiring berjalannya waktu. pastikan kalau anda membeli laptop bekas dengan kondisi LED yang prima, mulus dan tidak ada masalah, karena LED adalah bagian laptop yang sangat vital jika terjadi kerusakan.

Jika anda menemukan laptop bekas dengan kondisi LED yang rusak, saya sarankan untuk memilih Laptop bekas yang lain. seperti keterangan saya tadi, kerusakan LED bisa menjalar ke bagian yang lain. dan lagi harga sparepart LED tidaklah murah. tujuan kita membeli laptop bekas adalah untuk menghemat budget pengeluaran bukan?

4. Cek Semua Tombol Keyboard

Nyalakan laptop bekas yang ingin anda beli, lalu bukalah Aplikasi Microsoft Word atau jika tidak ada aplikasi tersebut gunakanlah Notepad. setelah aplikasi terbuka, cobalah ketikkan semua tombol keyboard dan pastikan semua tombol bekerja dengan baik. dan cobalah anda rasakan saat menekan tombol keyboardnya berbunyi halus dan juga nyaman saat diketik.

Note : Walaupun semua tombol keyboard berfungsi dengan baik, jika saat anda mengetikkan tombol dikeyboard berbunyi keras dan berisik, bisa jadi dalam waktu dekat keyboard laptop tersebut akan mengalami kerusakan. Jadi berhati-hatilah saat mengecek keyboard laptop bekas. dan Pastikan semua berfungsi dengan lancar semestinya.

5. Ketahanan Baterai

Jika Memungkinkan, cobalah mengoperasikan laptop tersebut dari kondisi Baterai Full. dan cobalah untuk melakukan aktivitas wajar seperti browsing atau sekedar buka tutup aplikasi sewajarnya. jangan lupa perhatikan Detail baterai yang terlihat disebelah kanan bawah windows. disitu ada indikator keterangan baterai, kalau laptop tersebut terinstall Windows 7 biasanya akan memberi tahu kepada pengguna jika Baterai laptop sudah mulai jelek. biasanya akan muncul notifikasi popup seperti berikut : “Consider, Please Replace Your Baterry”. Itu menunjukkan bahwa kondisi baterai laptop bekas tersebut sudah tidak prima. walaupun laptop tersebut bisa tahan 1 jam lebih tapi jika muncul notifikasi popup seperti itu bisa dipastikan dalam waktu beberapa minggu atau bulan pasti baterainya akan rusak.

Menurut saya pribadi, Ketahanan Baterai laptop yang normal adalah bisa bertahan 2-3 Jam untuk pemakaian offline (tidak terkoneksi internet) dan digunakan untuk aplikasi standard windows.

6. Cek Kelengkapan

Bukan rahasia lagi kalau Laptop bekas sangat sedikit sekali yang memiliki kelengkapan seperti Dus, Buku Manual dsb. hampir 90% Laptop bekas yang saya temukan dipasaran hanya memiliki kelengkapan Laptop dan Chargernya saja. namun menurut saya itu tidaklah masalah. karena saya sendiri saat membeli Laptop Baru-pun DUS dan kelengkapannya kadang saya jual ke tukang loak dan tidak saya simpan. Hehehehe

Disini hal yang saya perhatikan adalah bukan mengenai seberapa lengkap Laptop bekas tersebut. tapi Apakah Kelengkapan yang tersedia masih Original (Bawaan Laptop) ??

Silahkan pastikan kelengkapan yang penting seperti Baterainya dan Juga Chargernya. apakah masih Original bawaan Pabrik. kamu bisa searching di Google bagaimana cara membedakan Baterai yang Original dan KW. kamu akan temukan banyak sekali cara membedakannya.

Kenapa itu penting ? Yap, tentu saja karena Accesoris bawaan pabrik memiliki Kualitas yang sudah diuji. dan pastinya akan awet jika digunakan sewajarnya apalagi untuk anak anda atau keluarga anda. ini berguna agar dikemudian hari anda tidak mengeluarkan budget untuk service laptop yang rusak. Jadi perhatikan betul-betul tentang Kelengkapan yang tersedia dan jangan sampai anda rugi dikemudian hari.

7. Kesimpulan

Nah itu tadi adalah Tips Memilih Laptop Bekas di Toko Jual Beli Laptop dari saya, pastikan membaca semuanya yah agar anda tidak rugi saat memilih toko jual beli laptop kepercayaan anda. Kalau anda berada di Semarang, cobalah datang ke Simpanglima tepatnya di Plaza Simpang Lima Lantai 5, cobalah datang ke toko langganan saya jika saya ingin mencari toko Juall Beli Laptop. di sana ada toko airjayakomputer salah satu toko langganan saya kalau saya ingin Jual atau Beli laptop bekas.

Terimakasih!