Jas hujan: Tips Cara Mencuci Jas Hujan Menggunakan Mesin Cuci

Mantel hujan bisa cepat rusak bahkan berjamur jika sering digunakan namun tidak pernah dicuci. Sebagian orang mendiamkan jas hujannnya bahkan disimpan begitu saja dalam keadaan basah. Memang tidak perlu mencucimantel hujan dalam sekali pakai. Malahan Itu dapat membuat jas hujan lebih cepat rusak.  Sering kali kebanyakan orang malas mencuci jas hujan secara manual. Timbulah pertanyaan bisakah kita mencuci jas hujan dibawah mesin cuci? Jawabannya tentu bisa. Namun sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci pastikan terlebih dahulu bahwa mantel hujan sudah bersih dari noda lumpur dan tekstur mantel tidak kaku. Cara melemaskan mantel hujan yang kaku adalah dengan merendamnya di dalam air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas agar mantel tidak menyusut. Selanjutnya, berikut ini adalah cara merawat dan mencuci mantel hujan di dalam mesin cuci.

Pertama, bersihkan sisa pasir, tanah, dan lumpur pada jas hujan dengan air. Letakkan mantel dibawah keran air yang mengalir untuk meruntuhkan kotoran-kotoran yang menempel pada mantel hujan. Kedua, masukkan mantel ke dalam mesin cuci. Dalam satu kali mencuci baiknya tidak mencuci lebih dari satu mantel hujan. Ketiga, tuangkan detergen khusus mesin cuci. Alangkah baiknya jiika menggunakan detergen cair agar tidak ada residu detergen yang menggumpal dan tertinggal sehingga menempel di mantel. Keempat, atur siklus pencucian ke mode delicate atau handwash agar putaran mesin cuci tidak terlalu cepat dan supaya mantel tidak cepat rusak. Setelah siklus pencucian selesai, angkat jas hujan dan jemur di tempat berangin. Tidak ada salahnya juga jika ingin menjemur mantel langsung di bawah sinar matahari.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh beberapa orang. Bagaimana kalau mantel hujan kita keringkan ke dalam dryer mesin cuci? Untuk menjaga kualitas bahan mantel sebaiknya jangan lakukan. Jangan sekali-kali mengeringkan mantel atau jas hujan ke dalam mesin pengering. Suhu panas dalam mesin pengering dapat membuat jas hujan menyusut. Sebaiknya jemur mantel yang sudah di cuci dengan mesin cuci secara alami.