Hitungan Perkiraan Lahir

Kehamilan merupakan masa yang paling menyenangkan bagi seorang Ibu. Disamping itu juga masa yang cukup berat jika dijalani dengan tidak semangat. Berikut ini ada sebuah pertanyaan dari seorang bumil dan jawaban dokter permasalahannya.

Salam Dokter Judi. Saya (23) sedang hamil anak pertama. Usia kehamilan 28 minggu. Saya ingin menanyakan, mengapa perkiraan USG dengan perkiraan lahir, hitungan saya berbeda. Perkiraan USG lebih maju. Yang mana, yang harus saya pedomani. Sebab, bedanya hampir 1 bulan. Apa yang harus saya lakukan mengingat suami tugas di luar kota, jadi saya butuh kepastian kapan kira-kira saya melahirkan. Mohon penjelasan dari Dokter Judi. Terima kasih

Pemeriksaan USG untuk menentukan usia kehamilan yang paling tepat adalah mengukur panjang janin pada kehamilan 10–14 minggu (mengukur CRL) dengan kesalahan kurang dari satu minggu. Pada trimester kedua bisa dilakukan pengukuran diameter biparietal dan lingkar kepala untuk menentukan usia kehamilan dengan kesalahan 1–2 minggu. Pada trimester ketiga dapat dilakukan pengukuran diameter otak kecil (cerebellum) dengan kesalahan 1–2 minggu juga.

Tolong ditanyakan kembali ke dokter Ibu, apakah data pemeriksaan yang saya maksudkan di atas sudah ada ? Kemudian perhatikan juga berat janin Ibu untuk memantau kurva pertumbuhannya, misalnya pada kehamilan 30 minggu, taksiran berat janin sekitar 1.400–1.500 g dan pada 36 minggu sekitar 2.500 –2.600 g. Penentuan usia kehamilan juga dipengaruhi oleh keteraturan siklus haid, pemakaian obat-obat hormonal (misalnya pil KB), menyusui dan Ibu lupa (tidak yakin) tanggal hari pertama haid terakhir yang normal. Terima kasih atas pertanyaannya.

Perjuangan orangtua membesarkan anaknya tak sampai hingga kelahiran saja, karena hal itu justru dari awal mendidik anak terutama Ibu. Yang mengajarkan segala hal mulai dari makan, minum, membersihkan badan dan hal lainnya.

Dan ketika anak beranjak dewasa tentunya perlu juga dibekali pelatihan bahasa asing. Sehingga anak bisa bergaul dengan siapa saja terutama orang luar. Hal ini akan menjadi nilai tambah, menambah teman tidak hanya dari lingkungannya saja. Lembaga les bahasa asing menjadi pilihan yang bijak untuk orangtua.

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati