Fakta Menarik Tentang Taman Alun-Alun Tugu Malang

Taman Alun-alun Tugu Malang, dikenal juga dengan nama Taman Alun-Alun Tugu Balaikota Malang, atau ada juga yang menyebut  dengan Alun-alun Bunder, Taman Tugu Bunder, atau Alun-alun Tugu.  Terdapat banyak nama memang, namun apalah artinya sebuah nama, dikenal dengan nama apapun tetap pada kenyataannya taman alun-alun Balaikota Malang ini memang benar indah.

Lokasi Taman Alun-Alun Tugu Malang

alun alun tugu malang

Alamat Taman Alun-alun Tugu Malang berada di Jalan Tugu, Kidul Dalem, , Klojen, Kota Malang, Jawa Timur . dengan titik koordinat Taman Alun-alun ini tepatnya berada pada titik S7.97715 E112.63417.

Dalam catatan sejarah, taman alun-alun ini mulai dibangun ketika zaman penjajahan Belanda. Taman tersebut dibuat oleh Jenderal Pieter Zoen Coen, salah seorang Gubernur Pemerintah Hindia Belanda yang berkuasa di Indonesia. Nah ini sangat bagus anda nikmati ketika anda menikmati paket wisata batu

Fakta Menarik Tentang Taman Alun-Alun Tugu Malang

Terdapat fakta menarik seputar taman alun-alun ini. Baik itu sewaktu dibangunnya taman ataupun hal yang terdapat di taman ini. Berikut fakta yang bisa diketahui:

  1. Dulu Desain Taman Ini Sangat Sederhana

Ketika awal pertama dibangun, desain taman alun-alun Tugu masih sangat sederhana. Dengan konsepnya yang terbuka tanpa dibatasi pagar yang menghalang dan belum terdapat tugunya. Pada awalnya, taman tersebut dibangun untuk sebagai pelengkap halaman gedung Gubernuran Hindia Belanda.

  1. Taman Alun-Alun Ini Di Resmikan Oleh Ir Soekarno

Kemudian setelah kemerdekaan, peresmian pembangunan Monumen Tugu ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan A.G. Suroto. Namun pada tahun 1948, ketika terjadi agresi militer Belanda I yang menghancurkan monumen tugu. Kemudian pada tahun 1953, pemerintah Malang kembali membangun Monumen Tugu dan diresmikan kembali oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

  1. Di Taman Alun-Alun Dikelilingi Kolam

Ketika anda menikmati paket wisata malang 3 hari 2 malam, salah satu tempat yang pasti akan dikunjungi adalah alun alun tugu Malang. Monumen tugu dikelilingi juga oleh kolam yang dihiasi bunga teratai dan berisi beberapa ikan kecil. Kolam air tersebut juga dilengkapi oleh beberapa titik air mancur yang selalu memancarkan airnya pada pagi dan malam hari. Air mancur tersebut selain menambah keindahan taman, juga berguna untuk membantu sirkulasi air kolam.

  1. Taman Alun-Alun Tugu Malang Bisa Untuk Hunting Photo

Taman alun-alun Malang ini sering menjadi tempat untuk hunting foto bagi penggemar fotografi karena dikenal dengan keindahannya. Selain untuk hunting fotografi, taman ini dipercaya nyaman untuk dijadikan tempat berolahraga. Atau untuk penggemar selfie, taman ini adalah spot fotografi menarik untuk melakukan selfie.

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat  Wisata Alun-Alun  Tugu  Malang . Sebelum pergi berwisata taman kota  hal yang perlu persiapkan adalah aksesoris seperti kacamata hitam, topi. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera, mainan untuk di taman kota.

 

Powered Mebel Jati Minimalis by Mebel Jati