Cara Merawat Burung Gereja

Cara Merawat Burung Gereja – Burung Gereja merupakan salah satu burung kicau yang sering digunakan sebagai burung masteran. Sayangnya, tidak mudah mendapatkan burung gereja gacor yang siap untuk dijadikan guru burung kicau lainnya. Pasalnya, burung kecil ini merupakan burung liar. Sebagai solusinya, banyak para penghobi yang memelihara burung gereja anakan agar lebih jinak dan mau rajin berbunyi.

Bagi Anda yang lebih suka memelihara burung gereja hasil tangkapan alam. Ada baiknya melakukan cara merawat burung gereja yang tepat agar burung cepat bunyi. Simak cara perawatan dibawah ini.

Burung Gereja

Cara Merawat Burung Gereja Yang Tepat

  • Simpan burung di sangkar kecil

Untuk membuat burung gereja anakan atau burung gereja tangkapan alam lebih jinak, Anda bisa mengurung burung tersebut di sangkat yang berukuran kecil. Dengan sangkar yang kecil, burung gereja akan lebih tenang dan tidak kesana kemari. Setelah burung tenang dan sudah mulai bunyi meski tidak terlalu sering, barulah Anda memindahkan burung ke sangkar yang lebih besar.

  • Tempatkan sangkat di area yang ramai

Untuk membuat burung cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, Anda wajib meletakkan burung gereja di tempat yang ramai. Kamu bisa menempatkan kurungan burung gereja di depan rumah yang ramai agar burung lebih tenang dan terbiasa dengan lingkungan yang ramai.

  • Jemur burung

Langkah perawatan burung gereja berikutnya ialah rutin menjemur burung di pagi hari. Cara ini diyakini membuat burung gereja lebih sehat dan lebih segar. Apalagi, sebelum dijemur burung disemprot halus agar badan sedikit nasah. Cukup jemur burung selama 30 menit sampai 1 jam saja. jangan sampai burung kicau ini mati kepanasan.

  • Jauhkan burung dari burung gereja liar

Cara merawat burung gereja ini penting bagi Anda yang memiliki burung tangkapan alam. Pasalnya burung gereja memang gemar hidup berkelompok. Jadi, burung gereja yang sudah jinak jika didekati oleh burung gereja liar bisa membuat burung gereja yang Anda pelihara ikut liar. Maka dari itu, setelah proses penjemuran dan pengenalan lingkungan, ada baiknya burung master ini dikerodong.

  • Memberi pakan

Beri pakan biji-bijian bervariasi pada burung gereja agar cepat gacor. Kalaupun tidak ada, Anda bisa memberikan beras pada burung kecil ini sebagai pakan utama.

Itulah Cara Merawat Burung Gereja yang bisa kita bagikan kepada kicaumania semua, semoga dapat bermanfaat serta berguna, untuk cara lebih lengkap atau kicau burung lainnya, anda bisa kunjungi cenayangkicau.com.