Cara Membuat Invoice Online Indonesia

Invoice merupakan dokumen yang digunakan sebagai bukti pembelian dengan mencantumkan jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pelanggan atau pembeli. Tahukah Anda, bahwa invoice sebenarnya sangat penting di dalam suatu bisnis usaha, terlebih lagi di dalam dunia perdagangan. Invoice atau nota atau bon merupakan hal yang terlihat sepele akan tetapi bisa mempengaruhi profesionalitas Anda di dalam berwirausaha.

Oleh karena itu sudah saatnya Anda membuat invoice online. Tak perlu khawatir sebab sekarang sudah ada aplikasi membuat invoice online di Indonesia. Bagaimana caranya? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

Cara Membuat Invoice Online Indonesia

Cara Membuat Invoice Online Indonesia

Manfaat Invoice Penjualan

Faktur yang dikeluarkan oleh seorang pelaku usaha tidak hanya sekedar aksesoris atau pelengkap saja. Karena, faktur tersebut mempunyai beberapa manfaat penting, yaitu:

  • Sebagai informasi penting untuk para pelanggan.
  • Informasi nilai serta termin pembayaran yang harus dibayarkan oleh pelanggan.
  • Sebagai bukti koreksi jika ada produk atau barang yang tidak tercatat sesuai dengan aslinya.
  • Rujukan harga jika produk tersebut akan dijual kembali oleh tangan ketiga.
  • Sebagai bukti transaksi yang dapat digunakan untuk pencatatan di ayat jurnal.

Cara Membuat Invoice

Membuat invoice penjualan tidaklah rumit karena Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, sudah ada nota yang dijual sehingga Anda tinggal mengisinya dengan tulis tangan. Namun, berdasarkan fungsinya, cara membuat invoice dibagi menjadi dua, yaitu:

Invoice Konvensional

Arti kata konvensional di dalam kamus besar Bahasa Indonesia yaitu kesepakatan, umum dalam arti seperti adat, kebiasaan, kelaziman serta tradisional. Sehingga jika di istilahkan maka invoice konvensional yaitu invoice yang masih tradisional atau yang sering digunakan dalam dunia perdagangan namun masih menggunakan cara tradisional atau manual. Seperti misalnya tulis tangan.

Invoice konvensional biasanya dibuat dengan cara ditulis manual dengan tangan. Sehingga, Anda dapat menyesuaikan diri sesuai dengan keinginan Anda. Misalkan, Anda dapat memasukkan berbagai detail, seperti harga barang, jenis barang, pelanggan sampai alamat. Akan tetapi, Anda juga dapat menghilangkan semua itu dan hanya memasukkan nilai harga serta jenis. Semuanya sesuai dengan keinginan Anda sendiri sebab formatnya yang fleksibel.

Invoice Modern

Sedangkan invoice modern sudah pasti tidak tradisional lagi dalam mengerjakannya, yaitu sudah menggunakan mesin yaitu computer dan sejenisnya. Cara modern ini terkesan lebih tegas sebab sudah tersistematis di perusahaan tersebut.

Untuk para pelaku usaha yang muda, mereka biasanya akan lebih menyukai sesuatu yang sudah sistematis. Oleh sebab itu, mereka menggunakan microsoft excel di dalam mengirimkan nota kepada pelanggan. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih sederhana lagi dibanding menggunakan excel, kenapa tidak coba menggunakan paper.id? Software akutansi #1 di Indonesia tersebut selalu memberikan solusi serta kemudahan dalam memberikan tagihan kepada pelanggan.

Kenapa Paper ID ? Karena, Anda dapat mengirimkan tagihan ke jutaan pelanggan tanpa harus dikenakan biaya sepeserpun atau gratis selamanya. Siapa yang tidak suka diberikan kemudahan tanpa harus membayar? Yuk, coba sekarang juga dengan cara klik alamat browser yang sudah tertera pada paper.id. Selamat mencoba.