Alat Bantu Pernafasan Yang Bisa Anda Gunakan Di Rumah

Pernapasan merupakan salah satu sistem yang menunjang kehidupan manusia. Ketika sistem pernapasan ini mengalami gangguan, tentu saja kita akan kesulitan dalam bernafas. Apabila demikian, maka kesehatan kita jelas akan terganggu. Oleh sebeb itu, ketika gangguan pernapasan terjadi dibutuhkan alat bantu pernapasan untuk mengatasinya.

Terdapat banyak alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan klinik. Termasuk juga yang memiliki fungsi sebagai alat bantu pernapasan. Namun adakah alat bantu pernapasan yang bisa kita miliki sendiri di rumah ? Tentu saja ada, berikut ini beberapa list alat medis untuk bantu pernapasan yang bisa kita gunakan di rumah.

alat bantu pernafasan di rumah

# Tabung Oksigen

Sebenarnya sedikit kurang lengkap ketika kita menyebutkan hanya tabung oksigen. Karena tabung oksigen pun memerlukan alat lain sehingga oksigen yang berada di dalam tabung bisa digunakan dengan mudah. Alat tersebut yaitu regulator oksigen dan masker oksigen. Keduanya digunakan untuk mengalirkan oksigen dari tabung menuju saluran pernapasan.

# Oksigen Concentrator

Fungsinya sama dengan tabung oksigen, hanya saja oksigen concentrator berupa mesin yang dapat memproduksi oksigen dengan cara mengambil udara sekitar kemudian memprosesnya sehingga tinggal tersisa O2 murni yang kemudian digunakan untuk terapi. Anda bisa membeli alat ini dengan mudah. Hampir di semua toko peralatan medis jual oksigen concentrator dengan berbagai pilihan harga.

# Oxycan

Bisa dikatakan sebagai oksigen portable. Yaitu oksigen yang disimpan pada botol kecil yang cukup portable. Bisa dibawa kemana saja dengan tidak memakan tempat. Digunakan ketika kita membutuhkan oksigen secara tiba – tiba. Bisa juga digunakan untuk mempercepat hilangnya lelah setelah berolah raga.

# Inhaler

Alat ini sering digunakan oleh penderita asma untuk mengatasi gangguan asma yang terjadi sewaktu – waktu saat berada di luar rumah atau sedang dalam kegiatan tertentu. Inhaler bersifat sementara dan apabila sudah siuman dengan menggunakan alat tersebut, segeralah periksakan diri anda pada dokter spesialis anda.

# CPAP

CPAP adalah singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan Sleep Apnea dimana gangguan pernapasan terjadi pada saat tertidur. CPAP bekerja dengan memberikan dorongan udara bertekanan untuk membuat saluran pernapasan tetap terbuka ketika tidur.