4 Tempat Wisata Paling Instagramable di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal

1. Pantai Siung

Pantai Siung merupakan pantai di Jogja yang terkenal akan tebingnya yang eksotis. Di pantai siung terdapat kurang kebih 250 jalur climbing yang sering digunakan para pecinta olahraga panjat tebing. Karena lebih kepopuleran tebingnya itu, pantai siung sempat dijadikan tempat untuk kejuaraan panjat tebing.

Namun, karena namanya lebih sering didengar dari olahraga panjat tebing, pantai siung dianggap tidak memiliki panorama alam lainnya. Padahal, itu merupakan anggapan yang salah besar. Pantai siung merupakan pantai yang memiliki pasir putih. Batu karang dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar dapat kamu temukan di pantai ini. Saat ombak laut datang dan menghempas batuan karang, air yang terpecah akan sangat bagus apabila dijadikan objek foto.

2. Pantai Jogan

Berbeda dengan kebanyakan pantai biasanya, pantai jogan merupakan pantai yang sekaligus memiliki air terjun di kawasannya. Air terjun yang terdapat di pantai jogan akan terlihat sangat bagus saat tidak dalam musim kemarau. Air terjun dengan ketinggian 10 M akan langsung jatuh menuju kea rah pantai. Selain itu, di sekeliling area pantai juga terdapat banyak batuan kapur.

Jadi, hanya dengan membayar 1 tiket masuk saja, kamu sudah dapat menikmati gabungan wisata alam seperti pantai, air terjun dan pegunungan kapur. Pantai Jogan berada tidak jauh dari lokasi pantai siung, yaitu masih berada di kecamatan tepus, gunung kidul.

3. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang paling popular di Jogja. Pantai ini masih berada satu kompleks dengan pantai terkenal lainnya, yaitu pantai indrayanti. Pantai Pok Tunggal menawarkan pemandangan laut dengan hamparan pasir putih serta diapit oleh tebing dengan ketinggian sekitar 40 sampai 60 meter. Pohon Duras yang tumbuh di sekitar kawasan pantai membuat pemandangan semakin asri. Selain itu, pada sisi lain pantai terdapat sumber air tawar yang bisa kamu temukan.

Bila keberuntungan sedang memihak kepada kamu, sesekali akan terlihat monyet liat yang saedang mencoba menyebrang dari balik tebing. Jika kamu tidak ingin melewatkan momen terbaik saat matahari terbenam, kamu dapat mendirikan tenda dan bermalam di sekitar kawasan pantai.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Gunung kidul tidak hanya memiliki kawasan pantai yang mempesona. Gunung kidul juga memiliki objek wisata yang popular dan sempat digunakan sebagai lokasi shooting beberapa film ternama. Air terjun sri gethuk memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Saat tidak dalam musim kemarau panjang, air yang turun pada air terjun sri gethuk akan mengalir dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk mencapai ke lokasi air terjun terdapat dua pilihan. Pertama yaitu kamu dapat berjalan menyusuri sawah warga dengan jarak kurang lebih sekitar 500 meter. Pilihan kedua, kamu dapat menaiki rakit yang dibuat oleh pengelola dan cukup membayar sesuai dengan tariff yang sudah ditentukan.