4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Makanan Sehat Ibu Menyusui

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi bunda yang sudah masuk ke dalam fase menyusui, salah satunya memperhatikan makanan sehat untuk ibu menyusui yang harus dikonsumsi agar nutrisi bunda dan anaknya terpenuhi dengan baik.

Pertimbangan tersebut dapat dimulai dengan perubahan yang kecil namun berdampak besar beserta pertimbangan yang harus disimak seperti :

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Makanan Sehat Ibu Menyusui

  • Memilih asupan gizi yang dibutuhkan bunda dan buah hati.

Bunda harus memenuhi kebutuhan ASI sang buah hati agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Saat memenuhi kebutuhan ASI, bunda dapat mengalami penurunan berat badan dan stamina dapat terkuras lebih dari biasanya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya menentukan kadar karbohidrat pada makanan bunda sesuai dengan kondisi kebutuhan tubuh bunda pada fase menyusui. Selain itu, menjaga kadar air dalam tubuh bunda agar dapat terhindar dari dehidrasi karena kelelahan.

  • Memilih makanan yang dapat melancarkan produksi ASI

Setiap tubuh manusia memiliki kemampuan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Di saat tertentu, ada kalanya ASI sulit keluar untuk memenuhi kebutuhan ASI sang buah hati.

Melihat kondisi tersebut, alangkah baiknya bunda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Memperbanyak makan sayuran yang berwarna hijau untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin A, zat besi, antioksidan dan kalsium.
  2. Memperhatikan kandungan buah yang dimakan bunda seperti buah yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan energi.
  3. Memilih makanan yang kaya akan serat seperti gandum, oatmeal dan beras merah untuk memberi asupan kalori yang tinggi bagi bunda. Tak lupa, memilih sumber makanan yang kaya akan protein seperti kacang kedelai yang berperan sebagai protein nabati dan macam-macam daging merah sebagai protein hewani.
  • Hindari zat yang dapat berdampak negatif bagi kualitas ASI

Pada zaman ini terdapat zat kimia yang dipakai pada beberapa makanan untuk tujuan tertentu, seperti penggunaan pestisida pada tumbuhan agar sayuran dapat terlindung dari hama dan serangga perusak tumbuhan. Sering kali, bunda lupa untuk mencuci beberpa sayuran yang  masih terdapat pestisida. Jika zat kimia tersebut masih ada pada sayuran tersebut, maka akan berdampak pada kualitas ASI yang diproduksi bunda sehingga dapat mempengaruhi asupan sang buah hati. Hal tersebut dapat dihindari dengan mencuci sayuran dengan cara yang baik dan benar serta memilih sayuran organik.

  • Mengurangi  asupan kafein

Bagi bunda yang hobi menikmati kopi, bukan hal yang terlarang untuk minum secangkir kopi di pagi hari dengan catatan tidak berlebihan. Sangat disarankan bagi bunda agar membatasi konsumsi kafein tidak lebih dari 300 mg per hari. Jumlah tersebut lebih baik dikurangi jika sedang menyusui bayi yang prematur.